http://manziz.blogspot.com

inilah blogku....!!!!

Rabu, 13 Januari 2010

PENGERTIAN DASAR CUACA, MUSIM DAN IKLIM

Cuaca
adalah keadaan udara / atmosfer di suatu tempat dan pada waktu tertentu, contoh: hujan, Suhu, Tekanan Udara, Angin, Awan, Kelembaban Udara, Radiasi, Jarak Pandang / Visibility
Musim / Monsoon
adalah suatu pola sirkulasi angin yang berhembus secara periodik pada suatu periode (minimal 3 bulan) dan pada periode yang lain polanya akan berlawanan. Oleh masyarakat awam sering dikaitan dengan curah hujan sehingga terjadi anggapan kalau musim baratan pasti banyak hujan dan musim timuran dikaitkan dengan kemarau yang kurang hujan.
Iklim
adalah aspek dari cuaca di suatu tempat dan pada waktu tertentu dalam jangka panjang

Angin
Adalah pergerakan udara yang dipicu oleh adanya perbedaan tekanan udara sebagai akibat dari perbedaan temperatur di permukaan bumi, dinyatakan dalam arah dan kecepatan. Arah angin dinyatakan dalam derajat sedangkan kecepatan dinyatakan dalam satuan Internasional dan sering menggunakan table / skala yang lebih dikenal dengan sebutan “Beaufort Scale / Skala Beaufort” dengan satuan “knots”. (1 knots = 0.5 m/s atau 1.8 – 1.9 km/jam)
Sebutan angin dinyatakan dengan arah dari mana angin tersebut berhembus, contoh angin timur artinya angina dari timur menuju barat.

2 komentar: